Bebaskan Amarah Anda Dengan Tepat

“Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa:” (Efesus 4:26).

Ada cara-cara yang sangat menolong dan cara-cara yang membahayakan untuk melepaskan amarah anda. Misalnya, terkadang kita lebih suka tetap marah daripada mengakui kemarahan kita. Namun Alkitab berkata bahwa untuk menjadi marah dan tidak mengakuinya bahwa anda sedang marah merupakan suatu kebohongan-dan itu adalah dosa.

Perlu diingat: Marah belum tentu salah. Marah hanya menjadi salah apabila kita melepaskannya dengan cara yang salah dan merusak. Kebanyakan kita belajar mengekspresikan kemarahan kita ketika berusia 2 atau 3 tahun, dan kita masih terus mengekspresikannya dengan cara yang sama sebagai orang dewasa. Tidak perlu dikatakan, ini tidak berhasil.

Kebanyakan orang mengekspresikan kemarahannya sedemikian rupa sehingga menjauhkan mereka dari tujuan mereka sebelum mereka menjadi marah. Kemarahan yang diekspresikan dengan tidak tepat menghasilkan hasil yang berlawanan dari yang anda inginkan. Meluapkan amarah kepada orang lain tidak pernah menghasilkan perubahan yang baik; itu hanya menghasilkan kemarahan yang lebih besar dan keterasingan. Kita semua paham hal itu, tetapi kita tetap saja melakukannya.

Kemarahan tidak pernah sungguh-sungguh akar permasalahan. Kemarahan biasanya merupakan gejala salah satu dari tiga hal: sakit hati, ketakutan, atau frustasi. Ketiga hal ini yang membuat kita marah, dan inilah kenapa kita harus selalu berhenti dan tetap tenang.

Memahami sumber kemarahan anda akan membantu anda menanggapinya dengan sikap yang tepat, maka sebab itu jika marah jangan sampai berbuat dosa (Efesus 4:26). Ketika anda berhenti dan tenang, tanyakan diri anda dengan pertanyaan berikut:
• Apakah saya sakit hati?
• Apakah saya ketakutan?
• Apakah saya merasa tertipu atau seperti akan kehilangan sesuatu atau jumlah?
• Apakah saya frustasi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s