Kemarahan: Renungkan Sebelum Anda Menanggapinya

“Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya.” (Amsal 29:11).

Ketika anda sedang marah, jangan menanggapi dengan impulsif. Menunda merupakan alat yang ampuh untuk mengendalikan kemarahan. Saya tidak mengatakan menunda secara tidak terbatas waktu atau lebih dari sehari; Alkitab mengatakan jangan tidur ketika anda sedang marah. Saya mengatakan menunda untuk lima menit. 

Ketika anda mulai kehabisan kesabaran, ambillah “time out” untuk beberapa menit. Beri diri anda beberapa saat untuk merenungkan dan pikirkan situasi tersebut. Jika anda tidak berhenti dan berpikir, anda sepertinya melakukan hal yang salah. Anda perlu untuk merenungkan sebelum anda menanggapinya.

Ketika kita sedang marah, kita perlu membuat suatu kebiasaan untuk mundur, menunggu beberapa menit, dan memandang situasi dengan cara pandang Allah. Perhatikan bagaimana Alkitab katakan orang bijak akhirnya meredakannya.” (Amsal 29:11). Maka itu, “meredakan” merupakan pernyataan alkitabiah. Dalam Alkitab terjemahan modern bahasa Inggris: “The wise man waits and chills out.” Thomas Jefferson, penulis the Declaration of Independence, berkata, “Ketika anda marah, hitung sampai sepuluh sebelum anda berbicara. Jika anda sangat marah, hitung sampai seratus.”

Memahami alasan anda marah akan memberikan anda kesabaran yang lebih besar dan kemampuan untuk memaafkan pelanggaran (Amsal 19:11). Tanyakan diri anda tiga pertayaan ini untuk membantu anda memahami mengapa anda marah:

• Mengapa saya marah?
• Apa sebenarnya yang saya kehendaki?
• Bagaimana saya mendapatkannya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s