Lima Langkah menangani Frustasi

Lima Langkah Menangani Frustasi

Rick Warren
Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.(Yes 26:3).

Berikut adalah lima langkah sederhana untuk mengatasi rasa frustasi dalam hidup anda.

Tanyakan diri anda, “apakah saya yang menyebabkan frustasi ini?” Alkitab berkata, “apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya”(Gal 6:7b). Kita difrustasikan oleh banyak hal di dalam hidup karena kita sendiri yang menyebabkannya.

Tanyakan diri anda,”Apakah yang dapat saya pelajari dari frustasi itu?” Roma 8:28 mengatakan, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Ada banyak perkara dalam dunia ini, tetapi segala sesuatu bekerja secara bersama. Allah dapat mengubah hal negatif menjadi positif apabila kita mengizinkan-Nya. Menggunakan kesengsaraan untuk sebuah peluang agar menjadi serupa dengan Kristus.

Bersyukur kepada Tuhan untuk situasi itu. 1 Tes 5:18 berkata, “Mengucap syukurlah dalam segala hal.” Anda tidak harus bersyukur untuk sebuah situasi yang buruk, tetapi anda bersyukur dalam situasi yang buruk. Frustasi mungkin sebuah berkat yang tersembunyi.

Ubah rasa frustasi menjadi sebuah kelucuan, keadaan penuh humor. Alkitab berkata, “Hati yang senang adalah obat yang manjur” (Ams 17:22). Rasa humor merupakan obat penawar dari Allah untuk kemarahan dan frustasi.

Minta Allah mengisi anda dengan kasih-Nya. Mengapa? Karena 1 Kor 13:5 mengatakan, “[kasih] tidak pemarah.” Kasih itu memberi diri, bukan mementingkan diri sendiri. Kita merasa jengkel terhadap orang yang berada di sekitar kita. Karena kita terpengaruh oleh frustasi.

Yesus menghadapi rasa frustasi yang terus menerus, tetapi Dia tidak pernah terpengaruh. Dia selalu memberi waktu untuk orang banyak. Kita terlalu sibuk dengan perkara kita sendiri sehingga kita melupakan bahwa orang banyak adalah prioritas kita dalam hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s