Singkirkan Kebimbangan Maka Tuhan Dapat Memakai Anda

“…orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.” (Yakobus 1:6-7).

Ada dua hal yang menyebabkan bimbang dalam hidup anda:

1. Membandingkan kemampuan anda menyebabkan anda meragukan kemampuan anda. Selain memandang kepada Tuhan, anda mulai memandang kepada orang lain di sekitar anda. Mereka lebih berbakat, lebih berkemampuan, lebih berpendidikan atau lebih berpengalaman. Pada saat anda mulai membandingkan diri anda dengan orang lain, anda akan terisi dengan keraguan terhadap diri anda sendiri.

Alkitab mengatakan bahwa merupakan suatu keboblokan bilan anda membandingkan diri anda dengan orang lain (II Korintus 10:12). Tuhan tidak ingin anda membandingkan diri anda dengan orang lain. Dia mau anda menjadi unik, Dia mau anda menjadi diri anda sendiri.

2. Mengingat kegagalan masa lalu menyebabkan anda meragukan kemampuan diri anda.
Mengingat kegagalan masa lalu anda ibarat menempatkan film semua kesalahan masa lalu anda di dalam pikiran anda dan anda memutarkannya kembali terus menerus. Itu sangat mematikan anda!

Tuhan tidak mau anda terfokus pada masa lalu anda. Jika anda tetap terfokus pada kesalahan-kesalahan masa lalu, anda tidak dapat bangkit di masa sekarang, Tuhan tidak dapat menggunakan anda pada masa yang akan datang. Tuhan mengatakan untuk melupakan masa lalu.

Jangan biarkan kebimbangan dan keragu-raguan menahan anda untuk dapat dipakai oleh Tuhan. Tuhan mengatakan, “Jangan peduli apa yang ada di masa lalu, Aku mau memakai engkau!”

Bicarakan!
* Berapa kali sehari anda membandingkan apa yang anda miliki, yang sudah maupun tidak terselesaikan, atau kelihatan seperti dengan orang lain?
* Apa yang anda hendak Tuhan selesaikan dengan waktu yang telah terbuang itu?

Rick Warren

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s