Bantulah Anak-Anak Anda Mengenal Allah

“Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia…” (Yohanes 17:6)

Dunia ini dipenuhi oleh anak-anak baik laki-laki maupun perempuan-perempuan yang dalam keputusasaan yang membutuhkan pimpinan rohani. Mungkin anak-anak anda merupakan salah satu di antara mereka? Anda dapat menjadi seorang pemimpin rohani bagi anak-anak anda dengan membangun karakter yang kita lihat dalam Yesus sebagaimana DIA mengajar para murid-NYA selama tiga tahun.

Pertama, Yesus membantu para murid-NYA untuk mengenal Allah.

Anda perlu membantu anak-anak anda untuk dapat mengenal Allah, karena kekekalan merupakan keseimbangan – hidup atau mati, surga atau neraka. Ini merupakan tugas anda untuk bantu memastikan anak-anak anda telah diperkenalkan kepada Allah.

Perhatikan perkataan Yesus ini: “mereka milik-MU.” DIA tahu bahwa para murid-NYA adalah milik Allah, sama halnya anak-anak anda merupakan milik Allah. Allah menitipkan mereka kepada kita untuk sementara untuk dididik. Mendidik, sama seperti semua bentuk kepemimpinan, yaitu tentang pelayanan. Anda belajar mengatakan, “Tuhan, saya adalah pelayan bagi anak-anak ini, yang Engkau taruh dalam kepedulian saya, dan saya akan melakukan apa yang Engkau kehendaki saya lakukan untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Perhatikan apa yang Yesus katakan kemudian, “I showed what you were like to those you gave me.”(John 17:6 NCV) Yesus tidak mengatakan, “Aku khotbahkan. Aku pidatokan. Aku nasehatkan. Aku ceramahkan agar para murid mengenaI Allah.” Tetapi DIA mengatakan, “Aku menunjukkan (I showed).” DIA memberikan contoh dalam keteladanan-NYA.

Ini merupakan salah satu kebenaran yang penting untuk menjadi orang tua. Benar atau salah, baik atau buruk, apakah anda suka atau tidak, bagaimana jadinya anak-anak anda kelak sangat ditentukan orang tua seperti apa anda. Anda dan saya boleh tidak suka hal itu, tetapi itulah kebenarannya.

Jika anda tidak sabar dan penuntut, mereka akan berfikir Tuhan itu tidak sabar dan penuntut. Jika anda jauh dan terpisah dan tidak pernah punya waktu untuk anak-anak anda, maka mereka akan berfikir Tuhan itu jauh dan terpisah dari mereka. Jika anda tidak konsisten dan tidak dapat diandalkan, jika anda ingkar janji, mereka akan berfikir Bapa Sorgawi mereka juga tidak konsisten dan tidak dapat diandalkan dan ingkar akan janji-NYA.

Bagaimanakah ciri Allah sesungguhnya?
– Allah itu peduli
– Allah itu dekat dan tahu persis segalanya
– Allah itu konsisten
– Allah itu dapat diandalkan

Renungkanlah
• Jika hendak anak saya bertumbuh mengenal Allah itu peduli, dekat, konsisten, dan dapat diandalkan, maka saya harus menjadi peduli, dekat, konsisten dan dapat diandalkan. Apakah yang anda pikir perlu anda lakukan dalam hal ini?
• Dengan teman sesama orang tua, bicarakan bagaimana kepedulian anda kepada anak-anak anda dengan menunjukkan kepada mereka bagaimana Allah. Semangati dan saling berbagi satu sama lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s